oleh

Desa Sukadaya, Sukses Laksanakan Itsbat Nikah Terpadu

PURNAMANEWS.COM, BEKASI – Desa sukadaya sukses laksanakan Itsbat Nikah Terpadu, berawal dari rencana kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam legalitas pernikahan, Pengadilan Agama Cikarang bekerja sama dengan Kadisdukcapil, dan Kemenag Kab. bekasi. Menyelenggarakan Isbat Nikah Terpadu yang bertempat di Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi, Kab. Bekasi, Jumat (30/08/19).

Sidang Itsbat Nikah dibuka oleh kepala pengadilan agama cikarang dan staf kemenag, dihadiri disdukcapil dan camat sukawangi. Sebelum acara dibuka kepala desa sukadaya, Sartija Arizona berikan sambutan, dalam sambutannya sartija sangat mendukung kerjasama Disdukcapil dengan Pengadilan Agama Cikarang dan Kemenag kab bekasi.

“Dalam upaya mengatasi kesulitan masyarakat yang sampai saat ini belum memperoleh status hukum berupa kutipan akta nikah, hari ini akan kita gelar agar masyarakat bisa memiliki akta nikah,” ucap sartija dalam sambutannya.

Sebanyak 100 pasangan turut serta dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, peserta yang rata – rata sudah lanjut usia dan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Salah satu peserta Itsbat Nikah mengatakan bahwa pernikahannya sudah berlangsung puluhan tahun yang lalu, baru kali ini dapat mengesahkan pernikahan ini.

“selain guna tertib administrasi pencatatan pernikahan manfaat dari pengesahan ini masih banyak lagi mulai dari dapat perlindungan sosial, mengurus kartu keluarga serta bantuan pemerintah lainnya baik itu BPJS maupun BPNT,” ucap salah satu peserta.

Dalam kegiatan ini masyarakat desa sukadaya sangat antusias, yang tadinya tidak punya akta nikah sekarang punya. Kepala desa, sartija pun turut antusias dalam kegiatan ini melihat kegembiraan masyarakatnya.

Selain pelaksanaan sidang Itsbat Nikah disaat itu juga salinan putusan di berikan kepada pasutri, agar nantinya salput tersebut dapat dipergunakan untuk pengurusan penerbitan buku nikah dari KUA dan pengurusan Kartu Keluarga dan lain – lain.

Sebelum acara ditutup, kepala desa sukadaya, Sartija Arizona mengucapkan terima kasih banyak kepada para instansi terkait, atas terselenggaranya kegitan ini.

“Semua berjalan dengan lancar dan sukses tanpa ada halangan, dan semoga masyarakat desa sukadaya senang dengan adanya kegiatan ini yang merupakan program dari P2WKSS, semoga bermanfaat,” tutupnya.

(Cemat/Red)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed