oleh

Darurat Kesehatan Mental: KOHATI Makassar Timur Gelar Latihan Khusus Kohati Tingkat Nasional

Purnamanews.com Makassar —Korps HmI-wati (KOHATI) Cabang Makassar Timur menggelar kegiatan Latihan Khusus Kohati (LKK) Tingkat Nasional. Kegiatan ini berlangsung selama 6 hari, dibuka pada 30 Desember 2020 di Balai Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini digelar dengan memerhatikan protokol Covid-19 secara ketat dilaksanakan dengan khidmat.

Penutupan kegiatan yang dilangsungkan pada Sabtu, 5 Desember 2020 dengan tema “Meningkatkan Peranan dan Kualitas HmI-wati untuk Mewujudkan Tujuan HmI”.

“Kegiatan yang dilaksanakan selama 6 hari ini memiliki tujuan untuk mewujudkan muslimah yang berkualitas insan cita. Isu yang diangkat dalam kegiatan LKK adalah kesehatan mental perempuan.

Diharapkan dengan kegiatan ini, perempuan akan lebih peduli terhadap kesehatan mentalnya. Kami menyadari bahwa perempuan harus menyiapkan diri agar mampu menjawab tantangan zaman dan membumikan masyarakat adil makmur khususnya persoalan keperempuanan.

Jika mereka tidak sehat, tentu upaya yang dilakukan tidak akan optimal“, ungkap Retno Intan Rizki selaku Ketua Umum Kohati Cabang Makassar Timur.
Kegiatan yang dilaksanakan dilakukan melalui beberapa tahapan penyeleksian secara nasional seperti penilaian karya tulis berupa esai dan video terkait pandangan calon peserta terhadap kesehatan mental.

Sebanyak 55 peserta yang mendaftar berasal dari berbagai cabang di seluruh Indonesia, namun hanya 30 peserata yang lolos seleksi dan berhak untuk mengikuti forum LKK. Narasumber dalam kegiatan ini merupakan orang – orang yang tak asing lagi kancah nasional di antaranya Ester Lianawati sebagai Ahli Psikologi Perempuan, Rahmi Purnmowati sebagai Kepala studi gender UIN JKT, hingga prof. Siti Aisyah Kara sebagai Kepala Pusat Studi Gender dan Anak Kendari .

“Teman-teman yang telah mengikuti materi selama 6 hari, telah dibekali dengan pengetahuan terkait keperempuanan dan keislaman yang mereka jadikan modal untuk menghadapi isu kekinian.

Harapan saya kepada peserta agar mampu memberikan dampak besar terhadap lingkungan sekitarnya, khususnya ketika kembali ke cabang masing-masing.

Peserta diharapkan menjadi perempuan tangguh dalam menghadapi zaman. Karena perempuan merupakan pendidik tunas muda harapan bangsa yang memiliki kesehatan mental yang tangguh.” Kata Andi Mutmainna Selaku Ketua Panitia Latihan Khusus Kohati.
Latihan Khusus Kohati (LKK) diadakan dengan harapan besar mampu untuk menjadi penggerak dalam kehidupan sosial khususnya dalam pengawalan kekerasan terhadap perempuan.

Perempuan yang telah melewati LKK telah diberikan pemahaman tentang penyadartahuan pembebasan perempuan dengan korelasi keislaman dan keperempuanan. Hal ini demi mewujudkan Muslimah yang berdaya insan cita.

Talla/red

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed