oleh

Darul Ihsan, Adakan Lokmin Lintas Sektor dan Penyerahan Piagam Penghargaan ODF Untuk 6 Desa

Purnamanews.com – BUKET ITAM. Camat Darul Ihsan Azani, SE, membuka Acara Lokal Karya Mini (Lokmin) Lintas Sektor, dan Penyerahan Piagam Penghargaan ( ODF ) untuk 6 Desa, yang diadakan di Aula Kantor Camat setempat, kamis 12/12/2019

Pada kesempatannya Azani,SE, saat ditemuai awak media menyampaikan bahwa,”kegiatan yang kita dilaksanakan hari ini sangat baik dan bermanfaat untuk Kecamatan Darul Ihsan, serta mendapat prestasi yang luar biasa dari Bapak Bupati Aceh Timur, khususnya bagi tenaga kesehatan dalam hal ini telah berusaha,dan juga khususnya bagi desa_desa yang telah mendapatkan Penghargaan open devication free ( ODF ),Desa stop buang air besar sembarang tempat, ini suatu prestasi yang membanggakan bagi Kecamatan Darul Ihsan, mudah_mudahan, akan ada Gampong_Gampong yang lain mengikuti atau menyusul, seperti dari 6 Gampong yang hari ini memperoleh Penghargaan, kiranya dapat menyusul,”tuturnya.

Disamping itu Kepala Puskesmas Darul Ihsan, Marmeam,S.Kep, menuturkan bahwa Acara lokmin lintas sektor ini, terundang Muspika plus,para Kepala Desa, Kader Desa, ternasuk unsur lainnya, sejumlah 30 Orang. Dan tujuan acara tersebut adalah untuk memperoleh atau mendapatkan kendala_kendala yang ada di Kecamatan Darul Ihsan, supaya kita tau dan untuk perubahan, kita tingkatkan di tahun 2020 atau tahun depan.

Marmeam menambahkan bahwa Posyandu hidup diDesa, termasuk Ibu hamil dapat diperiksa, dan agar Masyarakat tahu betul bagaimana tentang kesehatan, dan juga supaya angka stunting bisa kita turunkan, imbuhnya.

Terkait Desa Penerima penghargaan ( ODF), adalah ada 6 Desa seperti yang Bapak Camat serahkan tadi sebut Marmeam, yaitu : 1. Lhok Meureu, 2. Meudang Ara, 3. Panton Merbo, 4.Buket Peulawi,5.Seuneubok Aceh,6. Meunasah Aroen.

Dan jenisnya adalah bagi Desa yang terpenuhi Mck nya, serta telah layak dalam artian kata, tidak lagi buang air besar sembarang tempat, jadi itulah penghargaan yang diberikan oleh Bapak Bupati Aceh Timur, berupa penghargaan bagi Desa ODF, tidak bermasalah dengan nilai_nilai Mck atau jamban layak semua, ini adalah bentuk kepedulian Masyarakat yang sangat tinggi, sebutnya.

Salah satu Keuchik Gampong Panton Merbo Sayuti yang didampingi Camat Darul Ihsan, Azani,SE, menyempatkan waktunya dengan awak media serta menyampaikan,”saya sangat mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Pemerintah Aceh Timur, dan sangat berterima kasih juga kepada Bapak Bupati Aceh Timur, atas penghargaan yang telah dipercayakan dan diberikan kepada Desa kami, dan semoga Desa yang lain dapat mengikutinya seperti Desa kami juga,”tutupnya.

Hendrik/Red

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed