oleh

DANA BANTUAN OPERASIONAL PAUD TAHAP PERTAMA DI CAIRKAN

PURNAMANEWS.COM – PANDEGLANG. Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2019 di cairkan, hal tersebut di ungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang Taufik Hidayat saat menggelar acara Pembinaan dan Penyerahan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), di Gedung Shohibul Barokah, Senin (28/10).

“Ya memang betul dana bantuan operasional Pendidikan Anak usia dini (PAUD) tahap pertama di cairkan, untuk tahun ini, ada sebanyak 601 lembaga yang berhak mendapatkan bantuan tersebut dengan jumlah peserta didik sebanyak 20.076 terdiri dari PAUD 564 dan 37 Taman Kanak –Kanak (TK),”katanya.

“Lebih lanjut Ia mengatakan tidak seperti tahun lalu, dana BOP PAUD yang dicairkan tidak lagi sekaligus. tapi, dua tahap. Untuk tahap pertama ini, yang dicairkan sebesar 50% dengan anggaran mencapai Rp 6.022.800.000. dengan rincian per anak masing-masing mendapatkan Rp 300.000. adapun untuk dana bantuan BOP tahap kedua insaallah bulan november mendatang, apabila lembaga tersebut telah memenuhi kewajibanya yaitu menyelesaikan laporan pertanggung jawaban,”tuturnya.

“Ia menambahkan dana BOP yang di kucurkan oleh Pemerintah nantinya digunakan untuk kegiatan tematik anak, penyelenggaraan pendidikan keluarga, pemberian makanan tambahan, pembiayaan buku administrasi sekolah sebagai bahan pembelajaran guru, kegiatan gugus PAUD dan alat Permainan Edukatif (APE)”,terangnya.

Dalam kesempatan penyerahan dana operasional PAUD tersebut, Bupati Irna Narulita mengimbau,”kepada para guru dan kepala PAUD agar memanfaatkan BOP sesuai aturan yang berlaku. Bantuan dimaksudkan untuk membantu penyediaan biaya operasional non personalia bagi anak usia dini yang diberikan kepada satuan PAUD, agar dapat meringankan beban biaya pendidikan bagi orang tua dalam upaya mengikutsertakan anaknya pada layanan PAUD berkualitas, karena pendidikan usia dini sangat penting dalam menentukan masa depan bangsa, “Oleh karena itu dana bantuan operasional ini harap digunakan dengan sebaik-baiknya, terbuka, transparan, tepat administrasi, tepat guna dan betul-betul tepat sasaran, “Saya harapkan semua lembaga melaksanakan sesuai petunjuk dan aturan yang berlaku, sehingga dalam penggunaan dan penyaluranya tidak ada penyimpangan dan bisa di pertanggung jawabkan,”pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan pembinaan dan penyerahan dana bantuan operasional PAUD, anggota DPR RI Dimyati Natakusuma, Inspektorat, Kepala BPKD Iskandar, Kadis Kominfo Girgi Jantoro, Kepala DP2KBP3A Didi Mulyadi, para pengawas, para Kepala sekolah dan guru PAUD Se-Kabupaten Pandeglang.

 

Dadang/Red

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed