54 views
oleh

Camat Baihaki S.Ag Lantik Tuha Peut (BPD) Tiga Desa Di Kecamatan

Purnanews.com – Aceh Timur. Camat Idi Tunoeng Baihaki,S,Ag,mengingatkan Tuha Peut( BPD)agar lebih memahami tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) sebagai komitmen dalam melaksanakan tugas dan sekaligus dapat bersinergi dengan unsur kelembagaan yang ada .

Berdasarkan Perda Nomor 7 tahun 2000, tuha Peut adalah suatu badan kelengkapan gampong yang terdiri dari unsur pemerintah, unsur agama, unsur pimpinan adat, unsur cerdik pandai yang berada di gampong, sesuai dengan isi Qanun (undang-undang/peraturan Aceh) nomor 5 tahun 2003, Tuha Peut adalah lembaga adat yang berwenang sebagai legislatif gampong yang membuat aturan hukum di gampong.

Selain itu Tuha Peut/Badan Permusyawaratan Desa juga harus menjaga amanah yang telah di percayakan oleh warga dan sumpah yang diucapkan jangan dilanggar. Pernyataan itu diungkapkan Camat Baihaki dalam arahannya seusai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pengurus Lembaga Tuha Peut (BPD) Idi Tunoeng,Aceh Timur, periode 2019-2025.Jumat (11/10/2019)

Pelaksanaan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pengurus Yang Berjumlah lima Belas orang Didalam Tiga Desa Kecamatan Idi Tunoeng Yaitu Desa Seunuebok Drien lima Orang,Desa Alue Lhoek lima Orang, Dan Desa Teupin Panah lima Orang Tiga diantara Perempuan,Pelantikan Lembaga Tuha Peut dilaksanakan Aula Kantor Camat setempat dalam situasi dan kondisi kondusif.

Baihaki mengharapkan Tuha Peut harus bekerja dengan ikhlas sesuai tupoksi masing-masing. Sebagai legislatif gampong untuk berkoordinasi dan pengawasan kerja pemerintahan gampong, agar hasil dari apa yang kita kerjakan membuahkan hasil yang baik.

“Tuha Peut harus mempunyai ketrampilan, inovasi, kecerdasan, kreatif dan gagasan yang cemerlang untuk membangun gampoeng dan kesejahteraan warga,kata Camat seraya menyebutkan Tuha Peut tidak bisa memerintah Keuchik.

Keuchiek kata Camat adalah mitra kerja Tuha Peut dalam menyelenggarakan pemerintahan gampong baik dalam pembahasan, penetapan dan pengesahan APBG serta penyusunan qanun gampong dan penyelesain sengketa dalam masyarakat.

Kapolsek Idi Tunoeng, Iptu Darli SH, Mengatkan, bila ada kekeliruan dan kesalahan dari Keuchik (Kepala Desa) menjalankan roda Pemerintahan Gampong, Tuha Peut menegurnya dengan baik dan bila ada yang perlu di musyawarahkan laksanakan dengan baik.ujar Kapolsek.

Lanjutnya Saya mengapresiasi Tuha Peut yang lama atas pengabdiannya dalam menjalankan tugasnya selama ini dan meminta untuk mengarahkan dan membantu Tuha Peut yang baru dalam menjalankan tugas.

Danramil Idi Tunoeng Zainuddin Juga Mengatkan kepada Tuha peet yang Dilantik Agar Bisa mengawasi dan mengevaluasi kinerja Dari geuchik Karna Tuha peet Adalah Jabatan Dewan perwakilan rakyat Di gampung,Jadi kita berharap mari sama-sama Kita Bangun Gampung Kita Kearah yang Lebih Baik Lagi.Ujar Danramil.

Dalam Pelaksanaan pelantikan dan pengukuhan tuha peut dihadiri Keuchiek gampong,Sekdes,Imum Meunasah,tokoh masyarakat,unsur Muspika,sebagian warga setempat dan para undangan.

Hendrik/Red

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed