oleh

Bupati Rocky: Pembentukan Forum Lebah Tampa Sengat (Linot) Aceh Timur Perlu Di Dukung Pemerintah

purnamanews.com – Aceh Timur. Silaturahmi beberapa pembudidaya lebah tampa sengat atau sering di sebut Linot dalam bahasa Aceh (Trigona, Kelulut, Kelanceng Stingless Bee) dengan Bupati Aceh Timur di sela-sela ngopi bareng di warung kopi Bereh Dekranasda Aceh Timur, 19 Agustus 2019 melahirkan gagasan rencana pembentukan “Forum Linot Aceh Timur.

Bupati Aceh Timur, H. Hasballah Bin H.M. Thaib, SH yang akrab disapa Rocky dalam diskusinya sangat antusias dan mendukung penuh para petani Trigona yang ada di Aceh Timur untuk bersatu dibawah sebuah forum sehingga persoalan dan solusi demi peningkatan perekonomian masyarakat dari hasil Madu Kelulut dan turunannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat baik personal, swasta maupun berkelompok dengan tujuan bisnis yang saling menguntungkan dengan persaingan positif dalam meningkatkan hasil maximal dan mutu terbaik.

“Saya sebagai Kepala Pemerintah Aceh Timur siap membantu dan memfasilitasi berdirinya forum Linot, sertifikasi, pelatihan sampai _marketing_ demi majunya para pelaku perlebahan tampa sengat ini di Aceh Timur,”ucap Bupati Rocky.

Menyadari bahwa dengan membudidaya Linot  akan memiliki manfaat ganda. “Kita harus banyak menanam tanaman bunga, pohon-pohon serta pohon buah yang menghasilkan nektar, resin dan _Bee Pollen_, sehingga hasil madu dari lebah kita dapat, dari pohon dan tanaman lainnya kita dapat menikmati buahnya dan udara bersih serta lingkungan asri,”jelas Bupati Rocky.

Mahdi Ismail, S.Hut selaku peternak “Jambo Linot” dan juga sebagai ketua Ikatan Lebah Madu Indonesia Provinsi Aceh mengatakan Aceh Timur sebagai salah satu penghasil madu Kelulut.
“Bisa dikatakan Aceh Timur adalah surganya Linot untuk di budidaya karena disini kita punya potensi bibit-bibit terbaik seperti jenis Itama dan Thorasica yang mudah dijumpai di kebun-kebun masyarakat di Aceh Timur, jika kita budidaya insha Allah dalam waktu yang singkat kita sudah mendapatkan hasil”, jelas Mandi.

“Dengan adanya forum ini diharapkan para peternak madu Linot dapat bersatu dalam satu wadah dan dengan tujuan yang sama yaitu untuk memajukan petani Linot khususnya memajukan Aceh Timur yang lebih Bereh dengan madu yg asli tentunya,”sambung Zulkifli atau yang dikenal Om Jol yang merupakan sekretaris Warisan Linot Aceh Timur.

(Hendrik/Red)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed