oleh

BPS Way Kanan Goes to School

Purnamanews.com – Way Kanan. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Way kanan, Lampung melakukan sosialisasi tentang Sensus Penduduk (SP) tahun 2020 demi kelancaran pelaksanaan kegiatan pendataan kependudukan tersebut.

Kepala BPS Kabupaten Way Kanan, Gunawan Catur Prasetio MSi, mengatakan, sosialisasi sangat penting dilakukan. Sebab, sensus kali ini berbeda dibandingkan dengan sensus penduduk sebelumnya.

“Sosialiasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang SP 2020. Sehingga Masyarakat yang ada di Kabupaten Way Kanan dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut,” ujar Gunawan Catur Prasetio MSi, saat kegiatan sosialisasi SP 2020 di SMA Negri 1 Baradatu Way Kanan dengan tajuk “Goes to school”, Kamis.

Menurut dia, pelaksanaan SP 2020 akan menggunakan metode kombinasi. Artinya, petugas akan menggunakan data dasar dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Kemudian dilakukan sensus berbasis daring secara mandiri menggunakan sistem registrasi.

“Untuk kegiatan sensus mandiri secara online, masyarakat bisa mengunjungi website di https://sensus.bps.go.id. Melalui sensus daring, masyarakat bisa melakukan pendataan secara mandiri, baik lewat komputer maupun HP,” terang dia.

Ia menjelaskan, Sensus Penduduk 2020 adalah untuk menghasilkan “singel” data menuju program Satu Data Indonesia. Dengan begitu tidak ada lagi perbedaan data kependudukan antara BPS dengan Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Dispendukcapil.

 

Nicky/Red

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed