oleh

BPJS KESEHATAN BUKA COUNTER PELAYANAN DI KANTOR DESA

Nagan Raya (purnamanews. Com)  – Jamkesnews, Memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas kepada peserta merupakan target dari BPJS Kesehatan,  bertempat di Kantor Desa Keude seumot dan Desa Pulo Raga kec, beutong 05-06 /11/2019.

Salah satu upayanya dengan cara membuka loket pendaftaran peserta diluar Kantor BPJS Kesehatan di daerah yang jauh dengan Kantor BPJS Kesehatan dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dikarenakan hambatan waktu dan transfortasi untuk mengurusnya ke Kantor BPJS Kesehatan.

 

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh Muhammad Novar NST menyampaikan bahwa program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) banyak sekali manfaatnya selain untuk mencover peserta selagi sakit dan dengan prinsip gotong royongnya dapat membantu peserta lain yang membutuhkan pengobatan menggingat biaya pengobatan saat ini mahal.

 

“Kali ini BPJS Kesehatan mendekat ke gampong dengan membuka counter pelayanan selama 2 (dua) hari yang bertempat di Kantor Desa Keude seumot dan Desa Pulo Raga pada tanggal 05-06 November 2019. Counter pelayanan yang di buka pada Desa di Kecamatan Beutong ini dapat melayani layaknya seperti pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan, misalnya Pendaftaran baru, Pencetakan Kartu, Perubahan Data dan Penanganan Pengaduan terang Novar”.

Lebih lanjut Novar menjelaskan selain melayanani pendaftaran peserta pembukaan loket diluar Kantor juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat program JKN-KIS dan bagaimana memperoleh pelayanan kesehatan sehingga meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program JKN-KIS. Warga sangat antusias, terutama di Desa Pulo Raga dimana kunjungan warga yang dapat dilayani sebanyak 134 Jiwa dikarenakan keterbatasan waktu serta terbatasnya jumlah blanko kartu kosong yang dibawa petugas pada saat itu. 

 

Kepala Dusun Desa Panton Abdullah menyampaikan, pelayanan ini sangat bagus, BPJS Kesehatan lebih dekat dari rumah warga, Kartu bisa langsung di cetak dan didapatkan.

“Saya berharap waktunya bisa lebih lama lagi dan kalau bisa dapat datang minimal sekali lagi, karna masih banyak warga yang belum mendapatkan kartu”. Pada saat hadirnya Counter Pelayanan BPJS Kesehatan di Kantor Desa, terdapat warga desa sekitar yang ikut hadir, masyarakat merasa sangat terbantu terutama di daerah-daerah yang jauh untuk bisa datang ke Kantor BPJS Kesehatan ungkap Abdullah”.

 

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, M. Hidayat Al-Arief menambahkan kegiatan serupa direncanakan akan dilaksanakan di Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya pada tanggal, 11-13 November 2019. Pada saat tersebut juga akan membuka Counter Pelayanan BPJS Kesehatan yang berpusat pada beberapa titik Kantor Desa. Hal ini diharapkan agar warga sekitar yang belum mendapatkan Kartu Indonesia Sehat bisa dapat langsung memiliki Kartu tersebut.

“Selama ini BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh dari sejak tahun 2018 juga sudah sering melakukan kegiatan BPJS Kesehatan Goes to Gampong, hanya saja tidak sampai Kartu langsung tercetak, ada jeda waktu.

 

 Mekanisme Goes to Gampong tersebut dilakukan dengan cara petugas BPJS Kesehatan hadir di Kantor Desa atau Pustu, kemudian warga mengisi daftar isian dilengkapi dengan persaratan yang ditentukan, selanjutnya data tersebut di input  di Kantor BPJS Kesehatan selanjutnya setelah 2 minggu baru diserahkan ke warga melalui Puskesmas, Bidan Desa ataupun Kepala Desa terang Dayat”.Saat di komfirmasi Media(Ns)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed