oleh

Berjuang Melawan Diabetes, Nurhayati Bersyukur Ada Program JKN-KIS

Purnamanews.com, Aceh Jaya, – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sudah memasuki tahun ketujuh pelaksanaannya, dimana saat ini hampir seluruh lapisan masyarakat sudah merasakan manfaatnya. Nurhayati salah seorang peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) sejak tahun 2018 telah merasakan manfaan dari Program JKN-KIS. Saat ditemui tim Jamkesnews, Nurhayati menceritakan pengalaman-pengalamannya saat berobat mengunakan kartu KIS.

 

“Suami saya penderita penyakit DM (Diabetes Mellitus), gejala awalnya beliau merasakan lemas yang cukup sering, berat badan turun, sering buang air kecil saat malam. Melihat kondisinya seperti itu, kami memutuskan untuk memeriksakan kondisi kesehatannya ke Puskesmas, setelah dilakukan pengecekan oleh dokter, hasil diagnosanya kadar gula suami saya tinggi dan dokter memberikan obat,” ujar wanita yang tinggal di Desa Gampong Baro, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya.

 

Yati menambahkan, beberapa bulan setelah pemberian obat, kadar gula suaminya sempat menurun. Namun Yati mengaku setelah itu kadar gula suaminya kembali naik karena aktivitas suaminya yang cukup melelahkan sebagai Petani.

 

“Dengan melihat kondisi kesehatan pasien, Dokter memutuskan untuk merujuk suami saya ke rumah sakit untuk dilakukan perawatan lebih lanjut. Setelah menjalani perawatan di rumah sakit, kini kondisi kesehatan suami saya sudah normal kembali, namun tetap harus melakukan kontrol ke Puskesmas dan pengambilan obat secara rutin,” tambah Yati.

 

Yati juga mengaku bahwa semua pembiayaan pengobatan suaminya gratis karena sudah dijamin oleh Program JKN-KIS.

 

“Saya merasa sangat terbantu, apalagi saat ini suami saya harus rutin memeriksakan kondisinya dan harus menjalani pengobatan dan juga berlanjut dengan kontrol serta mengkonsumsi obat secara rutin. Jadi dengan adanya Program JKN-KIS, saya dan keluarga tidak perlu khawatir lagi mengenai pembiayaan yang harus dikeluarkan, karena semuanya sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” aku Yati

 

Diakhir wawancara bersama tim Jamkesnews, Yati berharap semoga Program JKN-KIS tetap berkesinambungan dan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat.

 

“Pengalaman bagi saya dan keluarga, dengan adanya program ini sangat membantu sekali dalam hal pembiayaan pengobatan, karena kalau kita menjalani pengobatan secara umum itu pasti sangat mahal karena biaya obat yang mahal tentu sangat memberatkan kita,” pungkas Yati.

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed