oleh

Belasan Warga Terserang Diare : Bupati Bener Meriah Langsung Turun Kelapangan

PURNAMANEWS.COM -.BENER MERIAH. Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi beserta rombongan dan Dinas terkait serta Ketua MPU Tgk. Al Muzani serta Anggota Dewan Terpilih untuk DPR Acdeh meninjau langsung tempat warga masyarakat Burni Pase, Kecamatan Permata yang  terserang wabah penyakit Diare, Sabtu, 24/8/2019.

Belasan warga yang terserang Diare di desa setempat langsung mendapat perhatian serius dari Pemerintah daerah, dengan mengunjungi korban satu persatu sembari memberikan bantuan.

Pada kesempatan itu Bupati Tgk. H. Sarkawi memberika arahan terkait dengan hal tersebut, ini bisa kita katakan Kejadian Luar Biasa (KLB) karena sudah menyerarang belasan korban, baik dewasa maupun anak-anak di kampung ini (Burni Pase) Kecamatan Permata, karena sudah ada belasan korban Diare dan kita cukup prihatin, kata Bupati.

Oleh sebab itu untuk mencegah agar wabah ini tidak semakin meluas kita harapakan kepada masyarak untuk lebih memperhatikan tentang kebersihan semuanya, baik makanan, lingkungan dan lainnya, yang penting sanitasi juga diutamakan, pesan Tgk. H. Sarkawi.

Kepala Dinas Kesehatan Iswahyudi, S.KM. M.Kes jua menyampaikan, hal sama dengan Bupati, yang terpenting masyarakat harus menjaga kebersihan, Belasan  warga di sini, mengalami mual, perut kembung, sakit perut hingga buang air besar berkali-kali sejak beberapa hari belakangan, kami dari Dinkes Bener Meriah masih terus melakukan pemantauan dan pemeriksaan kepada warga lainnya, apakah ada diantara mereka yang juga terkena,  kata Iswahyudi.

Sementara dalam perjalanan pulang Rombongan Bupati juga menyinggahi SD I Permata, dalam kesempatan itu Bupati Tgk. H. Sarkawi juga memberikan himbau keapad para pelajar SD I Permata itu, terkait dengan jajanan yang dimakan atau di konsumsi haruslah sehat, ungkap Bupati.

“Kita sarankan tentu lebih baik bila tidak membeli jajanan sembarangan, kecuali bila dipastikan aman serta bergizi, dan juga tak menyalahi kaidah ilmu gizi. Aman berarti tidak banyak ditambahkan berbagai bahan yang dapat menimbulkan masalah,  kesehatan. Jajanan juga dinilai aman apabila tidak tercemar bibit penyakit perut akibat penanganan, dan penyajiannya yang kurang higienis,”kata Bupati Tgk. H. Sarkawi.

Kepada penjual jajanan Bupati juga berpesan agar kebersihan menjada hal penting dan paling utama, apalagi ini dikonsumsi oleh anak-anak, pesan Bupati.

Ikut dalam rombingan Bupati tersebut, Kadis Kesehatan Bener Meriah, Dinas Sosial Bener Meriah serta pihak terkait lainnya.

(charim/Red)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed