oleh

Baznas Pandeglang Salurkan Zakat Rp.30.000 Nilai Uang Zakat Fitrah

Purnamanews.com. Pandeglang -Zakat fitrah adalah salah satu kewajiban sebagai seorang muslim baik itu laki-laki maupun perempuan. Oleh karena itu, Allah SWT telah memerintahkan kita untuk selalu menunaikan zakat fitrah sesuai dengan waktunya.

Ketika awak media wawancara yang ditemui dikantor baznas wakil ketua H. M.Acang mengatakan Zakat fitrah merupakan salah satu dari jenis zakat yang wajib dikeluarkan setiap individu merdeka dan mampu serta sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan. Zakat sendiri telah menjadi salah satu bagian dari rukun islam yang ke-4. Oleh karena itu, diwajibkan kita sebagai umat muslim untuk selalu membayar zakat terutama zakat fitrah.

Pengertian dari zakat fitrah sendiri yaitu zakat yang berguna untuk membersihkan harta dan sebagai pelengkap ibadah puasa kita.

Lebih lanjut M.Acang menuturkan Sebelum mengeluarkan zakat fitrah, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu syarat-syarat wajib zakat fitrah yaitu sebagai berikut:

Beragama Islam dan Merdeka,Menemui dua waktu yaitu diantara bulan Ramadhan dan Syawal walaupun hanya sesaat,Mempunyai harta yang lebih dari pada kebutuhannya sehari-hari untuk dirinya dan orang-orang di bawah tanggungan pada hari raya dan malamnya.

dikatakan lanjutnya bahwa zakat fitrah sebaiknya dilaksanakan sebelum sholat Idul Fitri. Walaupun demikian, ada baiknya juga kita melaksanakan zakat fitrah kita sebelum hari raya supaya kewajiban kita terpenuhi lebih cepat.

Waktu Harus: bermula dari awal bulan Ramadhan sampai akhir bulan Ramadhan. Waktu Wajib: setelah matahari terbenam pada akhir bulan Ramadhan. Waktu Afdhal: setelah melaksanakan solat subuh pada hari akhir Ramadhan sampai sebelum mengerjakan sholat idul fitri. Waktu Makruh: melaksanakan sholat idul fitri sehingga sebelum terbenam matahari. Waktu Haram: setelah matahari terbenam pada hari raya Idul Fitri.

Sementara wakil ketua Baznas pandeglang Ustadz H.suherman mengatakan Zakat fitrah merupakan zakat yang harus dikeluarkan sebelum sholat idul fitri berlangsung. Jenis zakatnya yaitu sesuai dengan makanan pokok kita dan di Indonesia sendiri makanan pokoknya adalah beras.

Setiap balita hingga orang dewasa memiliki kewajiban membayar zakat sebesar 3,5 liter atau 2,5 kg beras. Apabila seseorang Zakat nya ingin menggantikannya dengan uang, harus membayar sesuai dengan harga dari 2,5 beras tersebut. Yaitu nilai uang RP 30.000.-(tiga puluh ribu rupiah)
Yang selanjutnya bisa salurkan kepada  masjid terdekat atau kepada lembaga amil zakat (BAZNAS) Pandeglang.tuturnya.

Dadang/red

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed