oleh

Basic Training HMI Komisariat Persiapan Keguruan Angkat Isu Lokal

Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Persiapan Keguruan Tanah Bumbu menyelenggarakan proses pengkaderan Basic Training LK 1 HMI. Basic Training ini merupakan tidak lanjut setelah terselenggaranya Masa Perkenalan Calon Anggota Baru (MAPERCA) di masing masing komisariat HMI di tanah bumbu sepekan sebelum teselenggaranya LK 1 ini. Basic Training terselenggara pada 20 September hingga 22 September 2019 di aula koramil pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu

Dalam sambutanya pada pembukaan basic training, kordinator Majelis Daerah Korps Alumni HMI Tanah Bumbu, Kanda Willy Syamsuri SE menyampaikan pentingnya seorang kader HMI memiliki akhlak islam sebagai indentitas kader, sebab HMI membawa nama islam sebagai wadahnya untuk berhimpun. Kegiatan Basic Training sendiri diikuti sebanyak 21 peserta dari berbagai kampus diantaranya, STIT ISPINI Tanah Bumbu, STIT Darul Ulum Kotabaru, STIKIP PGRI Banjarmasin, STIE Pancasetia Banjarmasin, dan STIKES Darul Azhar Batulicin.

Peserta yang ikut proses pengkaderan ini mengawali proses perkaderanya dengan mengikuti screaning test yang telah ditetapkan penyelenggara.
Saat di temui tim media, Syamsul Bahri selaku Ketua Pelaksana menyampaikan “peserta basic training saat ini sangat bersemangat untuk mengikuti semua proses perkaderan di LK1 ini, ini dapat dilihat dari semangat kader mengikuti proses screaning test sampai forum selesai, yang mana mereka rela mengurangi waktu tidurnya demi mengikuti semua proses yang ada”.

Ia juga mengatakan, kegiatan basic training tersebut di balut kegiatan FGD dengan mengangkat isu lokal, seperti kebakaran hutan yang terjadi di kalimantan khususnya di daerah Kabupaten Tanah Bumbu, diangkatnya isu lokal ini diharapkan mahasiswa mahasiswa tanah bumbu bisa lebih peka terhadap permasalahan daerah.

Dalam proses penyelengaraanya Basic Training ini juga di support oleh kader dari beberapa cabang diantaranya kader dari HMI Cabang Banjarbaru, Palangkaraya, Malang, dan Balikpapan. Support dari kader beberapa cabang ini dinilai sangat baik oleh ketua umum HMI Tanah Bumbu, karena saat ini HMI di Tanah Bumbu masih terus menata dengan baik proses kaderisasinya.

Basic Training ini mengangkat tema “Terbinanya kepribadian muslim yang berkualitas akademis, sadar akan fungsi dan peranannya dalam berorganisasi serta hak dan kewajibannya sebagai kader umat dan kader bangsa”.

“Dengan proses pengkaderan ini kami berharap mampu membentuk pribadi mahasiswa yang kritis dan intelektual, amanah dalam berorganisasi, serta mampu membentuk kader yang memiliki akhlakul karimah sebagai kader umat dan bangsa katanya.

Proses training tersebut di laksanakan selama tiga hari dua malam dan dengan konsep karantinata.
Dari 29 Peserta yang mendaftar hanya 21 peserta yang dinyatakan lulus basic training.

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed