oleh

Bantuan Sampan Bermotor Untuk Tingkatkan Ekonomi Nelayan Kurang Mampu

Purnamanews.com – Aceh Timur. DKP Aceh Timur melalui Kabid Pemberdayaan Nelayan mengharapkan kepada nelayan kurang mampu agar bisa hidup mandiri dengan adanya bantuan sampan bermotor yang diserahkan pihaknya bagi nelayan di kawasan pesisir kecamatan Madat. “Semoga perekonomian mereka dapat terdongkrak dengan adanya bantuan sampan bermotor yang diserahkan hari ini, ujarnya.

Sebanyak 15 unit sampan bermotor diserahkan untuk tiga kelompok nelayan kurang mampu, Selasa (24/12/2019) di Desa Meunasah Asan dan Abeuk Geulantue kecamatan Madat Aceh Timur.

Penyerahan diserahkan, Zainabon Kabid Pemberdayaan Nelayan didampingi PPTK M Fitriadi turut disaksikan Muhammad AB Panglima Laot dan beberapa nelayan setempat.

Kabid Pemberdayaan Nelayan Kabupaten Aceh Timur mengatakan 15 unit sampan bermotor lengkap dengan alat tangkap (jaring ikan) yang diserahkan pihak rekanan kepada KPA dinas DKP Aceh Timur lqngsung diserahkan pihaknya kepada penerima manfaat yakni kelompok nelayan kurang mampu.

“Kami dari DKP Aceh Timur menyerahkan 15 unit sampan bermotor dan alat tangkap kepada tiga ketua kelompok, yaitu. 5 unit untuk kelompok Kangkang Kuala diterima oleh Jafaruddin selaku (ketua), dan 10 unit lagi kami serahkan kepada dua kelompok yang berada Gampong Meunasah Asan, masih dalam kecamatan Madat Aceh Timur,’ ujar Zainabon menjelaskan.

Lima unit sampan bermotor diterima Hasbi Usman ketua kelompok nelayan Bina Jaya. Dan 5 unit lagi diterima oleh Tgk Ramli atas nama ketua kelompok Laot Mandiri Gampong Meunasah Asan”.
ujar Zainabon turut dibenarkan Muhammad AB dan disaksikan oleh anggota nelayan selaku penerima manfaat.

Kabid pemberdayaan nelayan bersama PPTK M Fitriadi Aceh Timur mengharapkan. “kepada penerima bantuan, agar sampan bermotor ini bisa dipergunakan sebaik baiknya dan bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi nelayan kurang mampu, dan jangan pernah dialihkan kepada pihak lain.” Kata M Fitriadi.

Sementara itu, Panglima Laot Kecamatan Madat Muhammad AB mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Timur. “Alhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat untuk nelayan kurang mampu di wilayah pesisir tempat kami. Disini banyak nelayan kurang mampu, dalam satu kelompok nelayan ada 12 orang anggota, ada juga yang 5 orang, ujarnya menambahkan.

Banyak wisatawan atau para pemancing ikan datang dari Lhoksukon, Matang Kuli kabupaten Aceh Utara, mereka datang ke Kuala Krueng Thoe untuk mancing ikan sambil menikmati pemandangan, Kuala Krueng Thoe bermuara ke Sungo Rusa, Sungo Ringet, dan Sungo Blah, 3 muara sungai yang besar ini memiliki banyak jenis ikan exspor seperti Kakab, gurami dan Kerapu, makanya bagi yang hobi mancing sering datang kamari, apalagi pada hari libur. ”
kata Muhammad saat ditemui.

Seperti diketahui, Kuala Krueng Thoe merupakan sebuah pulau yang berada paling ujung wilayah barat perbatasan Aceh Timur dengan Aceh Utara, pulau Kuala Krueng Thoe miliki pemandangan nan indah, diseputaran bibir pantai ditumbuhi kayu bakau dan pohon cemara. Lahannya yang subur sering dimanfaatkan warga untuk menanami semangka. Namun tempat ini nyaris tak terjamah warga saat Aceh berkecamuk. Namun pasca damai. Sejumlah pejabat dari Aceh Timur pernah juga melihat keindahan tempat ini.

Hendrik/Red

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed