oleh

Asobsi Kabupaten Tegal Ajak Masyarakat Untuk Olah Sampah Jadi Berkah

Purnamanews.com Slawi —Asobsi (Asosiasi Bank Sampah Indonesia) Kabupaten Tegal mengajak masyarakat untuk mengubah sampah menjadi berkah, hal ini terungkap dalam Bincang Kreatif yang diselenggarakan oleh Slawi Fm dipandu oleh Merry Honey, Selasa 04/08/2020. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Mukhtar Mawardi, SKM, M. Kes, Ketua Asobsi Kabupaten Tegal Akhmad Budi Hermanto, SH. MM, Direktur Bank Sampah Bestari Ujungrusi Ani Murtafiah dan Retnowati sebagai bidang kreatif Asobsi. Rabu (05/08/2020)

Dalam upaya sosialisasi bank sampah kepada masyarakat, Budy sebagai ketua umum Asobsi Kabupaten Tegal selalu menggunakan Jargon 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle). Hal ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Tegal yang mencanangkan Tahun 2025 Tegal bebas sampah.

” Sinergi yang dibangun selama ini dengan menggandeng berbagai elemen masyarakat agar peduli terhadap lingkungan utamanya masalah sampah. Salah satunya dengan mengembangkan program 1000 bank sampah di Kabupaten Tegal dan nantinya setiap desa harus memiliki pengelolaan sampahnya sendiri, ” papar budy.

Dengan pengurangan sampah yang di mulai dari lingkup rumah tangga, instansi pemerintah, dan lingkungan bisnis diharapkan masalah sampah akan dapat diatasi. Sampah juga bisa bernilai ekonomis dan dapat diolah menjadi bahan kerajinan seperti tempat buah, tempat lampu hias, tas dan lain sebagainya, ungkap Ani.

Sementara itu Kadis Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Mukhtar Mawardi, “untuk mengatasi masalah sampah DLH ( Dinas Lingkungan Hidup) tidak bisa berjalan sendiri tetapi harus menjalin sinergi yang positif dengan dinas  dinas yang lain guna mensosialisasikan kesadaran masyarakat dalam hal kebersihan lingkungan, mengembangkan berbagai komunitas di masyarakat yang konsern dengan lingkungan dan mengajak pemerintahan desa agar bisa mengelola sampahnya sendiri, ” papar Mukhtar.

(Fe/red)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed