oleh

Ani Murtafi’ah Sosok Pendiri Bank Sampah Bestari Ujungrusi

Purnamanews.com – Adiwerna.  Masalah sampah sudah menjadi masalah kita bersama. Banyaknya sampah berserakan dimana-mana sudah menjadi pemandangan yang lazim kita temui, dipinggir jalan, sungai, pinggir hutan bahkan pemukiman penduduk, pertokoan dan pasar. Jika kondisi sudah seperti ini maka semua pihak saling menutup mata dan hidung seolah- olah sampah jadi momok yang menakutkan dan harus dijauhi.

Anni Murtafi’ah Direktur Bank Sampah Bestari yang mempelopori pendirian bank sampah Ujungrusi Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal dengan 10 unit bank sampah Adalah ibu rumah tangga berpendidikan tinggi sarjana Kesehatan Masyarakat lulusan Universitas Negeri Semarang dan Master di bidang yang sama dari Universitas Diponegoro dengan filosofi hidup yang menjadi pegangan nya,

” Berusaha memberi Kebermanfaatan untuk orang banyak “.

 

Bank Sampah Bestari Ujungrusi berdiri sejak tahun 2015 ,gencar memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat lingkungan tentang pentingnya penanganan sampah yang benar. Jenis sampah organik dapat diolah menjadi pupuk Kompos dan budidaya Maggot, sedangkan jenis sampah an-organik dapat diolah menjadi bahan kreasi seperti Dompet, tempat penutup botol Aqua, tikar dan lain- lain. Dengan demikian masyarakat mulai memahami pola hidup minim sampah.

 

Saat ditemui usai acara WCD ( World Clean up Day) tahun 2022 di lapangan desa Ujungrusi, Ani menjabarkan bagaimana kiat agar bank Sampah Bestari Ujungrusi bisa maju dan berkembang seperti ini. Dengan tegas Ani menjawab :

1. Niat dan motivasi yang kuat

2. Sosialisasi dan edukasi tanpa henti diberbagai forum dan perkumpulan di masyarakat,

3. Rutinitas serta keberlanjutan kegiatan yang harus selalu dibangun

4. Aksi nyata dalam berkegiatan

5. Inovasi dan kreasi sesuai dengan kondisi dan kemampuan SDM yang dimiliki

6. Memberi Kebermanfaatan bagi masyarakat sehingga mereka dapat merasakan hasilnya

7. Soliditas team yang harus selalu dijaga.

 

Alhamdulillah kita berusaha untuk selalu menjalankan misi dan program yang sudah ditetapkan. Sehingga sedikit demi sedikit bank Sampah Bestari bisa eksis dan berkembang hingga saat ini, ungkap Ani

Pada tahun 2022 dalam peringatan Hari Bersih Se-dunia ( World Clean Up Day) Pemerintah Kabupaten Tegal memberikan kepercayaan kepada Bank Sampah Bestari sebagai panitia pelaksana sekaligus memperingati Milad Bank Sampah Bestari Ujungrusi Ke-6.

 

Dalam sambutannya Bupati Umi Azizah atas nama Pemerintah Kabupaten Tegal mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi atas inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan bank sampah. Sehingga diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa lainnya dalam membangun dan mengembangkan bank sampah di wilayah masing-masing.

 

Di akhir pertemuan, Ani masih menyimpan suatu harapan akan penanganan sampah mulai dari rumah ke rumah. Dimana setiap rumah mulai mengolah sampahnya sendiri.

 

” Jika kita sudah terbiasa maka kita akan bisa, jika kita bisa maka kita akan luar biasa “, pungkas Ani.

( Fe / red  )

 

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.