oleh

Akibat Kemarau Dan Tak Ada Pasokan Air, Warga Desa Sukabakti Terancam Gagal Tanam

PURNAMANEWS.COM,BEKASI – Warga kampung balong jaer Desa Sukabakti Kecamtan, Tambelang Kabupaten. Bekasi terancam gagal tanam padi, diakibatkan kemarau panjang dan tidak ada pasokan air dari aliran sungai. Sabtu,(03/08/19).

Lahan persawahan yang sebelumnya ditanami padi kini dibiarkan kosong. Tak ada pasokan air yang mengaliri lahan untuk tanaman padi. Akibatnya, lahan persawahan retak karena kering dan tak bisa digarap untuk ditanami padi kembali.

Yukem (Petani) menyebutkan, dampak kekeringan lahan pertanian akhirnya dimanfaatkan warga untuk makanan ternak.

“Lahan pertanian yang sudah masa panen di Lebaran kemarin, kini menjadi ladang makanan ternak-ternak kami, sedangkan mayoritas warga balong jaer adalah petani,” jelasnya.

Lanjut Yukem, desa kami yang kerap mengalami kekeringan tiap kali kemarau datang, menurut saya sudah menjadi langganan karena sumber air disini yang tidak begitu besar.

“Selain di balong jaer, diwilayah yang mulai mengalami kekeringan juga ada di desa sukabudi dan desa sukadaya, tepatnya di kampung kedung dan kampung pengarengan. Kemarau ini sudah berlangsung selama hampir tiga bulan lamanya. Dampaknya, warga harus mencari sumber air yang agak jauh dari lokasi lahan persawahan mereka,” keluh Yukem saat dikonfirmasi Awak Media.

(Cemat/Red)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed