oleh

AKBP Dalizon,S.I.K,.M.H Menghimbau “Mencegah Lebih Utama”


Purnamanews.com-OKU Timur# Kepolisian Resort Ogan Komering Ulu Timur selama satu bulan berjalan melakukan langkah pencegahan serta antisipasi Tindak Kriminal Kejahatan 3C (Curas,Curhat,serta Curanmor).

Kapolres AKBP Dalizon,S.I.K,.M.H melalui Satuan Binmas Polres OKU Timur dan Babinkamtibmas Polsek Jajaran Polres OKU Timur selama satu bulan terakhir ini terus melakukan upaya upaya pencegahan serta sosialisasi kepada masyarakat.

AKBP Dalizon,S.I.K,.M.H mengatakan “Mencegah lebih baik daripada menanggulangi dan meningkatkan kegiatan intensitas fungsi pencegahan serta sikap waspada terhadap peluang terjadinya suatu tindakan kriminal amatlah sangat penting”,

“Dimana dari perspektif Kepolisian secara teori dan fakta di lapangan, bahwa terjadinya suatu kejahatan, terutama kejahatan 3C disebabkan oleh :
1. Kondisi Korban : Lemah, teledor/ lalai, berpenampilan mencolok, tidak tahu.
2. Situasi lingkungan : ketiadaan penjagaan, sepi,dan gelap.
3. Keberadaan pelaku : Niat,dan kesempatan”,ucap AKBP Dalizon,S.I.K,.M.H.

“Bila dilihat dari 3 unsur tersebut di atas, maka apabila nomor 1 dan nomor 2 dieliminir atau diminimalisir, peluang terjadinya kejahatan dapat dicegah”, tambah AKBP Dalizon,S.I.K,.M.H.

AKBP Dalizon,S.I.K,.M.H juga mengatakan,”Polres OKU Timur dan Polsek Jajaran sejak terhitung satu bulan berjalan ini hingga seterusnya akan melakuka upaya upaya pencegahan seperti :
1. Meningkatkakan peran Satuan Binmas Polres OKUT dan Babinkamtibmas Polsek Jajaran lebih gencar menghimbau masyarakat (calon korban kejahatan) untuk lebih sadar dan waspada agar tidak mengundang atau memancing seseorang melakukan kejahatan.
2. Meningkatkan Patroli Cipta Kondusif di tempat tempat yang dianggap rawan terhadap Kriminal dan daerah yang minim penjagaan
3. Memasang “Spanduk Himbauan Waspada” di tempat tempat yang rawan terjadinya kejahatan.
4. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk ikut berperan aktif bersama Polri dalam menjaga keamanan lingkungannya”.

“Pemasangan Spanduk Himbauan dilakukan sebagai langkah awal antisipasi pencegahan yang dilakukan Polres Oku Timur untuk menghimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dan selalu waspada akan peluang terjadinya Tindak Kriminal”,terang AKBP Dalizon,S.I.K,.M.H.(TR).

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed