oleh

Adecir, Pria Asal Brazil Puji Kisah Perjalanan Hidup Wabup Agus Boli

Purnamanews.com|Flores Timur – Hidup di dunia ini bagi sebagian besar orang cenderung sulit. Hanya segelintir orang yang beruntung menjalani hidup yang tergolong lebih mudah. Meskipun begitu, hidup yang sulit akan membuat Anda mendapatkan hasil yang memuaskan hati bila dijalani dengan kerja keras.

Seperti yang dialami Agustinus Payong Boli, yang kini telah menempuh sebagian kesuksesannya menjadi Wakil Bupati Flores Timur, Nusa Tenggara Timur yang berpasangan dengan Bupati Antonius Hubertus Gege Hadjon.

[caption id="attachment_17653" align="aligncenter" width="1051"]Foto : Adecirtura foto berdua dengan isterinya (Foto/Ist) Foto : Adecirtura foto berdua dengan isterinya (Foto/Ist)[/caption]

Kisah masa lalu Agus Boli, anak petani yang hidup miskin selalu menantikan liburan sekolah untuk membantu mencari nafkah kedua orangtuanya.

Berdomisili di Dusun Waihelan Desa Bukit Seburi II Kecamatan Adonara Barat ini, selalu memanfaatkan waktu liburan sekolahnya bertandang dari kebun ke kebun.

Kadang sendiri, kadang pula berkelompok bersama teman-teman seusianya. Tujuannya, untuk meminta pekerjaan kepada para pemilik kebun.

Apa saja pekerjaan, siap dilakukan Agus Boli semasa kecilnya. Agus kecil dulu dikenal dengan langganan juara umum di Sekolah nya. Oleh teman-teman dekatnya, Agus adalah anak yang cerdas.

Upah dari hasil pekerjaan kasar di kebun-kebun milik warga ini, Agus Boli gunakan untuk membayar biaya sekolah. Sebab dia sangat sadar, kedua orang tuanya sangat kesulitan membayar uang sekolah.

Agus Boli merupakan bocah yang tahu diri dengan keterbatasan kedua orangtuanya dengan ke-10 saudara-saudara yang lain.

Merantau ke Malaysia

Berbekal semangat yang menggebu didada. Tepatnya di Lahad Datu Negeri Sabah, Agus bekerja sebagai buruh kasar di perkebunan kakao.

Ia tinggal bersama para buruh lainnya di camp yang cukup jauh dari kota.

Sehari-hari, Agus dan rekan-rekannya hanya bertungkus-lumut dengan kakao, tanah, sengatan matahari, keringat, makan seadanya, dan kondisi kesehatan yang tidak memadai.

Namun Ia tetap tabah menjalani kerasnya hidup. Buah dari perjuagannya itu pun, ia berhasil menyelesaikan pendidikan S1 nya di Fakultas Hukum Undana Kupang dengan masa tiga setengah tahun, lulus dengan Summa Cumlaude.

Perjalanan hidupnya terus mengalir, hingga mengantarnya menjadi jaksa, pengacara, dosen, anggota DPRD kabupaten Flotim dua periode, hingga menjadi Wakil Bupati Flores Timur pada usia yang masih muda yakni 36 tahun.

Dari kisah perjalanan hidup wakil bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli ini, kini menjadi inspirasi bagi siapapun yang ingin sukses dengan selalu mengawalinya dengan bekerja keras dan kerja cerdas.

Perjalanan hidup yang penuh inspirtif ini pun, dipuji oleh Adecirtura pria berusia 50 tahun, yang kini tinggal di kota madya Novo xingú, di jalan Emílio Knaak 893, negara bagian Rio grande do Sul Brazil.

Diaksesnya melalui internet, pria yang biasa disapa Adecir ini mengatakan, Agus Boli memenangkan segalanya, dengan ketekunan dan tekad serta doa yang Ia miliki.

“Que história maravilhosa, (Sungguh kisah yang luar biasa),” tulis Adecir melalui emailnya, Minggu (1/3/2020).

Dari kisah ini, Ia yakin banyak generasi muda akan terinspirasi jika membacanya.

“Wow, jika orang memperhatikan dan mencerminkan ini terlalu bagus,” kata dia.

Dirinya juga berharap kepada Agus Boli, agar tetap percaya diri dan selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap karya hidupnya.

“Saya ingin pertama-tama bahwa Tuhan sangat memberkati Anda. Janganlah menyerah pada mimpi, lihatlah kedepan, bidiklah tujuan anda. Mempercayai diri sendiri sambil memiliki keberanian, selalu tiba di tujuan Anda,” demkian pesan yang disampaikan oleh Adecir kepada Purnama News saat dihubungi melalui email. (Ambros Beda)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed