oleh

5 ABK Asal Tegal di Pulangkan Dari Somalia

Purnamanews. Com – Slawi.  Nasib lima ABK ( Anak Buah Kapal ) asal Suradadi Kabupaten Tegal, akhirnya dipulangkan dari Somalia setelah mendapat dukungan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Somalia. Nasib lima ABK yang berniat mengadu nasib melalui jasa perusahaan penyalur tenaga kerja akhirnya kandas setelah selama delapan bulan terlunta-lunta di Perairan Somalia di kapal dan diperlakukan tidak sebagaimana mestinya.

Dari hasil negosiasi antar negara melalui Kementrian Luar Negeri di Afrika Akhirnya kelima orang tersebut berhasil dipulangkan ke Indonesia.

Proses pemulangan sampai memakan waktu dua bulan, dari Kemenlu diserahkan ke Bareskrim Polri dan dari Bareskrim diserahkan ke RPTC (Rumah Perlindungan Trauma Center) milik Kementerian Dinas Sosial di Jakarta.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Kabupaten Tegal, Fatiha mengatakan , ” Memang benar pada hari Rabu 12 Agustus 2020 , Dinsos Kab Tegal menerima pemulangan lima orang pekerja migran dari Afrika asal daerah Kabupaten Tegal. Dari Jakarta kelima pekerja asal Desa Bojongsana Kab Tegal dikawal dua orang petugas dari Kementrian Sosial.

 

Dijelaskan oleh Fatikha, kelima orang itu awalnya bekerja di luar negeri setelah mereka melakukan penandatanganan kontrak kerja dengan sebuah perusahaan jasa penyalur  tenaga kerja di Tegal, Setelah mereka bekerja, ternyata pekerjaan yang diberikan tidak sesuai dengan perjanjian kontrak.

” saya tidak tahu isi perjanjian kontraknya tapi menurut mereka kerjanya tidak sesuai kontrak perjanjian.” Tandas Fatikha. Setelah mereka bekerja, di kapal penangkapan ikan yang berbendera Somalia, mereka diperlakukan tidak sebagaimana mestinya, hanya diperas tenaganya saja. Setelah mereka ditempatkan di RPTC dari tanggal 16 Juki 2020, mereka mendapat penyuluhan masalah ketenagakerjaan sekaligus sebagai terapy physiologis.

Bentuk perhatian Pemkab Tegal terhadap kelima ABK yang selama sepuluh bulan terlunta-lunta di Somalia, mereka diberikan beras masing masing 20 kg .

(Abied/ red  )

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed