Pemkab Nagan Raya,40 Kades Yang Terpilih Secara Langsung Laksanakan Pembekalan

- Jurnalis

Senin, 23 Oktober 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Purnamanews.com, Suka Makmue – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh melaksanakan pembekalan pratugas untuk 40 orang kepala desa (kades/keuchik) yang terpilih dalam Pilchiksung tahap III tahun 2023. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Hotel Grand Nagan Simpang Peut, Kuala, Sabtu (21/10/2023).

 

Pembekalan tersebut dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Nagan Fitriany Farhas AP, S,Sos., M.Si diwakili Asisten Perekonomian dan pembangunan Amran Yunus, SP., MT yang turut dihadiri kepala SKPK, Camat, keuchik terpilih, ketua Forum Tuha Peut, ketua forum keuchik, ketua Forum Imum Mukim dan undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Amran Yunus mengatakan, penyelenggaraan pembekalan pratugas keuchik terpilih bertujuan untuk membentuk karakter kepemimpinan, Sumber Daya Manusia (SDM), mental serta kedisiplinan keuchik dalam melaksanakan tugas sebagai kepala pemerintahan  gampong.

 

Dijelaskan, penyelenggaraan pemerintahan gampong di masa kini dituntut untuk mampu mengelola aplikasi dan mampu menjalankan roda pemerintahan gampong sesuai dengan kaidah peraturan perundang-undangan yang berlaku.  

“Dengan adanya pelaksanaan pembekalan pratugas keuchik terpilih tahap ke-III tahun 2023, diharapkan para keuchik terpilih ini bisa lebih meningkatkan kedisiplinan, mental dan pengetahuan di bidang penyelenggaraan pemerintah gampong dalam menjalankan tugas dan fungsinya di gampong masing-masing setelah dilakukan pelantikan dan pengukuhan nantinya,” jelas Amran.

 

Lebih lanjut Amran Yunus menyampaikan, agar para keuchik serius dalam mengikuti kegiatan pembekalan ini, karena setelah selesai kegiatan ini para keuchik terpilih akan dilantik sebagai keuchik gampong periode 2023-2029 dengan masa jabatan 6 tahun dan akan langsung melaksanakan tugas, kewajiban dan wewenang sebagai keuchik gampong.

 

“Kami berharap saudara dapat melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan, menjalankan Syariat Islam, menjalankan adat istiadat di gampong dan lain-lain, serta dapat membangun komunikasi yang baik dengan tuha peut gampong, imum mukim, perangkat gampong, maupun tokoh masyarakat,” pinta Asisten II.

 

Amran Yunus yang mewakili Pj Bupati juga meminta kepada para Keuchik agar serius membangun gampong sesuai dengan visi misi, atau program yang telah dijanjikan dan mengayomi masyarakat serta menjadi pemimpin yang baik di gampong.

 

“Hingga suatu hari kelak ketika saudara tidak menjabat lagi sebagai keuchik gampong, maka jasa-jasa saudara akan dikenang oleh masyarakat,” pesan Amran.

 

Diakhir sambutannya, Amran Yunus mengintruksikan pada 40 keuchik terpilih akan membawa perubahan yang baik di gampong dan mampu mewujudkan pembangunan di gampong, adat istiadat dan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat gampong serta dapat melakukan menanggulangi kemiskinan ektrem, penurunan angka stunting dan menekan laju inflasi di gampong yang dipimpin.

 

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMGP4) Damharius, S.Pd., .Si melaporkan, pelaksanaan pembekalan pratugas keuchik yang dilaksankan tersebut sesuai dengan hasil pelaksanaan Pilchiksung tahun 2023, yang dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) di masing-masing gampong pada bulan Agustus 2023 yang terdiri dari 39 gampong dan pada bulan September sebanyak 1 gampong.

 

Pelaksanaan pembekalan Pratugas keuchik terpilih tahap ke-3 tahun 2023 akan dilaksanakan mulai tanggal 21 Oktober sampai dengan 23 Oktober 2023 mendatang, mulai pukul 08.15 WIB hingga dengan pukul 22.30 WIB. 

 

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini ialah sebanyak 40 keuchik gampong yang di Kabupaten Nagan Raya, sementara pemateri dalam pelaksanaan pembekalan ini akan disampaikan oleh narasumber yang profesional dan berkompeten di bidang keahliannya masing-masing, baik dari Propinsi Aceh maupun dari narasumber lokal dalam Kabupaten Nagan Raya.

 

Pada kegiatan tersebut, para peserta akan dibekali berbagai materi, seperti wawasan tata kelola pembangunan gampong mandiri, wawasan tata kelola regulasi desa, wawasan penyusunan RPJMDes, wawasan tentang kedesaan, wawasan tata kelola keuangan desa dan tata kelola laporan desa, wawasan tentang tindak pidana korupsi di gampong, wawasan kebangsaan dan ideologi pancasila, wawasan tentang penguatan Kamtibmas di gampong, serta wawasan kepemimpinan dan tata kelola adminitrasi pemerintahan gampong.

 

“Anggaran kegiatan ini dibebankan pada Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) perubahan satuan kerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Gampong, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten nagan raya tahun anggaran 2023,” tutur Kepala DPMGP4 Damharius.

 

Adapun gampong dan kecamatan yang telah melaksanakan Pilchiksung tahap III tahun 2023 yaitu di Kecamatan Beutong terdiri dari Gampong Meunasah Pante, Babah Krueng, Blang Baro Rambong, Kulam Jerneh, Meunasah Krueng, Meunasah Dayah, Ujong Blang dan Gampong Blang Neuang.

 

Sementara di Kecamatan Seunagan Timur yaitu Gampong Cot Punti, Blang Preh, Ie Beudoh, Lhok Mesjid, Blang Ara Keude, Kila, Meurandeh Suak, Cot Dirui, Keude Linteung, Uteun Pulo, Blang Geudong, Keude Neulop, Sawang Mane, Peuleukung, Meugat Meh, Kandeh dan Gampong Tuwi Meuleusong.

 

Untuk Kecamatan Seunagan terdiri dari Gampong Alue Thoe, Parom dan Gampong Jeuram. Sementara Kecamatan Suka Makmue yaitu Gampong Cot Kuta, Kampong Teungoh, Lhok Rameuan, Kabu Blang Sapek, dan Gampong Seumambek.

 

Pelaksanaan Pilchiksung Tahap III di Kecamatan Kuala dilaksanakan oleh Gampong Ujong Pasi, Kecamatan Kuala Pesisir di Gampong Purwosari, Kecamatan Tadu Raya di Gampong Gapa Garu, Kecamatan Tripa Makmur di Gampong Pasi Keubeudom, sedangkan di Kecamatan Darul Makmur dilaksanakan oleh Gampong Serbaguna, Krueng Seumanyam serta Gampong Alue Rambot.

Berita Terkait

Diskoninfotik Nagan Raya Raih Terbaik II Kategori Kinerja Perencanaan dan Pembangunan Tingkat OPD
ASN Dan SKPK Kabupaten/Kota Mengikuti Pelatihan Jurnalistik
Jalan Seumantok Rusak Parah Akibat Banjir, T Muhammad Arfan Tinjau Langsung ke Lokasi
Pemkab Nagan Raya Tanda Tangan Dana Hibah Anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati
Pemkab Nagan Raya Melalui Disdik Apresiasi Bunda PAUD
P.J Bupati Aceh Barat terima Kunker Kepala BNN Provinsi Aceh
Pemkab Nagan Raya Terima penghargaan Award Desa Bebas Stunting dari Kementerian Desa
Sukseskan Open Turnamen Muaythai Se – Aceh Piala Dandim 0105/Abar, Prajurit TNI dan Pengcab Muaythai Aceh Barat Melakukan Persiapan Matangkan Tempat
Berita ini 40 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 29 Maret 2024 - 08:18 WIB

Diskoninfotik Nagan Raya Raih Terbaik II Kategori Kinerja Perencanaan dan Pembangunan Tingkat OPD

Jumat, 1 Desember 2023 - 15:39 WIB

ASN Dan SKPK Kabupaten/Kota Mengikuti Pelatihan Jurnalistik

Rabu, 22 November 2023 - 14:13 WIB

Jalan Seumantok Rusak Parah Akibat Banjir, T Muhammad Arfan Tinjau Langsung ke Lokasi

Senin, 20 November 2023 - 17:40 WIB

Pemkab Nagan Raya Tanda Tangan Dana Hibah Anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

Minggu, 19 November 2023 - 21:04 WIB

Pemkab Nagan Raya Melalui Disdik Apresiasi Bunda PAUD

Jumat, 17 November 2023 - 11:08 WIB

P.J Bupati Aceh Barat terima Kunker Kepala BNN Provinsi Aceh

Selasa, 14 November 2023 - 16:00 WIB

Pemkab Nagan Raya Terima penghargaan Award Desa Bebas Stunting dari Kementerian Desa

Selasa, 14 November 2023 - 09:34 WIB

Sukseskan Open Turnamen Muaythai Se – Aceh Piala Dandim 0105/Abar, Prajurit TNI dan Pengcab Muaythai Aceh Barat Melakukan Persiapan Matangkan Tempat

Berita Terbaru