oleh

138 Desa Di Kabupaten Bener Meriah, gelar Pilkades Serentak Tahun 2019

PURNAMANEWS.COM – BENER MERIAH. Sebanyak 138 Desa (Kampung) dari 10 Kecamatan yang ada dalam Wilayah  Kabupaten Bener Meriah akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada tanggal 28 Agsutus 2019.

Hal  itu disampaikan  dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Pemilihan Reje Kampung Serentak Kabupaten Bener Meriah Tahun 2019 yang dihadiri oleh Bupati, Dandim 0106/AT-BM, Kaplores Bener Meriah, Danyon 114/SM, Plt. Sekda, Asisten I.II,II Para Kepala SKPK, dan sleuruh Camat, Danramil, Kapolsek serta undangan lainnya,  di Aula Mes Pemda Bener Meriah, Jum’at, 23/8/2019.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kebupaten Bener Meriah Drh. Sofyan melaporkan, pada kesempatan ini kita akan berdiskusi atau rapat persiapan terkait dengan  Pemilihan Reje Kampung di Kabupaten Bener Meriah Tahun 2019. Kata Sofyan.

Pemilhan Reje Kampung secara serentak di Kabupaten Bener Meriah, akan dilaksanakan pada hari  Rabu tanggal 28 Agustus 2019, untuk itu pada tahun ini informasi sampai siang kemarin, (Kamis, 22-8-19-red). Kepada kami dari Kecamatan peserta atau Reje yang akan dipilih untuk tanggal 28 diseluruh Kabupaten Bener Meriah sebanyak 138 Kampung, urai Sofyan.

Sementara Bupati Bener Meriah Tgk. H. sarkawi yang memberikan arahan mengatakan, menurut DPMK ada 138  Kampung dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Bener Meriah akan mengikuti Pilkades Serentak tahun 2019 ini, pelaksanaan pilkades serentak ini berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kata Bupati menguraikan panjang lebar tentang Pilkades serentak tersebut.

Lebih lanjut bupati juga menyampaikan, dalam pelaksanaan Pilkades Serentak nanti jangan ada celah sedikitpun, Pilkades ini menjadi jangan sempat menjadi permasaalahan didalam hasil Pilkades nantinya, pinta bupati.

“Capek-capaek nanti semuanya bekerja keras tapi dikemudian hari ada hal yang menjadi problem didalaam aturan tersebut, oleh semua itu harus sama pemahamannya, harus sama konsepnya antar, Camat, Danramil, Kapolsek samapai kekampung ada Reje Kampung, Babinsa, Binmas, Panitia Pelaksana dan unsur terkait lainnya”, tandas Bupati Bener Meriah itu.

Dandim 0106/AT-BM Letkol Inf. Hendry Widodo, dalam rapat tersebut meminta, terkait dengan persiapan kita untuk menyelenggarakan Pilkades serntak ini, saya titip satu saja, mari kita persiapkan kegiatan ini secara maksimal, karena aturan mainnya sudah ada, ketentuan secara tekhnis semua sudah diatur dalam Qanun, sehingga tidak perlu di konplikan, kata Dandim 0106/AT-BM itu.

Lanjut Dandim, rekan-rekan yang ada dikecamatan mulai dari Camat, Danramil, Kapolsek pelajari betul situasi didesa-desa tersebut, sekecil apapun potensi didaerah tersebut harus terekam, potensi-potensi titik-titik rawannya dimana, nanti setelah dihimpun laporkan yang Pak  Kapolsek kepada Pak kapolres, yang Danramil kepada Saya (Dandim) dan Pak Camat kepada Bapak Bupati, ungkap Dandim

Kapolres Bener Meriah AKBP Fahmi Irwan ramli, SH. S.Ik. M.Si  juga mengingatkan, sedikit tekhnis untuk sekedar mengingatkan kembali, tadi ada arahan dari Bapak Bupati ada dua hal, yaitu tentang aturan yang jelas dan data yang lengkap, dan Bapak dandim mengatak tentang pemetaan potensi kerawanan,  kami mengingatkan kemabali teutama kepada penyelenggara, 1. Data yang lengkap, kelengkapan data sangat penting, karena ini akan berefek pada logistik, pada pengamanan dan pada anggaran, urai kapolres. 2. Aturan yang jelas, menganai Qanun, mungkin ditingkat Kabupaten yang sudah membacanya tapi di tingkat Kecamatan apalagi didesa mungkin belum mebacanya,ungkap  Kapolres Bener Meriah.

Terkait dengan mekanisme, surat suara itu dicetak dimana, siapa yang mencetak dan disimpan diman, terkait Logistik, Tong, tong itu dari mana di ambil, dibawa keman, disimpan dimana, kemudian setelah pelaksanaan pencoblosan dibawa kemana, ini penting, karena ini bisa menjadi konplik dan berpotensi terjadi kerawanan, tegas Kapolres.

Juga hadir dalam rapat tersebut Kasat intelkam dan Kabag Ops dari polres Bener Meriah.

(charim/Red)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed